Impelementasi Filsafat dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika



Impelementasi Filsafat dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika
Filsafat merupakan ilmu yang mempelajari semua yang ada di dunia ini. Belajar filsafat adalah belajar mengenal yang mungkin ada, atau dengan kata lain filsafat adalah belajar dengan logika. Filsafat ilmu dalam pembelajaran matematika berperan sebagai dasar dalam berpijak.
Seperti yang kita ketahui bahwa matematika adalah ilmu yang memperlajari hasil pemikiran orang lain, dan matematika tidak hanya soal hitung menghitung, subtitusi soal ke ruus tetapi jdalam matematika juga mempelajari tentang logika. Karena dalam pembelajaran maetamtika filsafat merupakan suatu rangkaian yang saling berkaitan dalam mencari suatu hubungan atau permasalahan. Dimana matematika dipandang sebagai ilmu yang berkaitan dengan cara berpikir atau bernalar, maka hubungan filsafat ilmu dan matematika dalam pembelajaran adalah mencari kebenaran. Yang dalam mencari kebenaran tersebut tidak lepas dari metode ilmiah (deduktif dan induktif). Hal ini merupakan maksud tujuan filsafat yang mengedepankan suatu rangkaian yang saling berkaitan untuk mencari jawaban.
Dengan penerapan filsafat dalam pembelajaran disekolah, maka proses belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien. Sebab pembelajaran matematika yang menerapkan filsafat memberikan keuntungan bagi guru dan juga siswa.
Dengan menerapkan filsafat dalam pembelajaran matematika, guru dapat lebih memahami karakter dari muri muridnya. Filsafat merupakan belajar berpikir atau bernalar, sehingga guru dapat mengetahui sejauh mana pola pikir anak didiknya dalam memahami matematika.
Sedangkan untuk siswa, dengan diterapkannya filsafat dalam pembelajaran matematika, siswa bisa menjadi pribadi mamndiri, siswa belajar mengkontruksikan matematikanya sendiri, sehingga tingkat pemahaman siswa dapat diukur dari kepahamannya dalam mengkontruk matematika itu sendiri.
Dapat diambil sebuah contoh soal trigonometri untuk menerapkan filsafat ke pembelajaran matematika. misalnya seorang guru memberikan sebuah rumus identitas trigonometri  sin²x +cos²x = 1. Kemudian siswa diminta untuk memberika jawaban berpakah hasil dari sin²x ?. dalam penemuan atau pencarian sebuah jawaban tersebut siswa akan berpikir dan mengkontruk pikirannya untuk menemukan jawaban sin²xdari satu identitad yang sudah diberikan guru. Dan guru dapat mengukur serta menilai kemampuan siswa dalam menerima pelajaran, pemahamannya, dan cara penyelesaian pemecahan masalah yang telah diberikannya.

Komentar

Postingan Populer