Matematika Ratu Ilmu yang Mengasyikkan

         Pendidikan adalah suatu usaha manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan yang didapat dari lembaga formal maupun nonformal.
Dalam pendidikan sendiri mempunyai beragam macam tipe pendidikan yang dalam dunia pendidikan diistilahkan dengan mata pelajaran. Ada banyak macam macam mata pelajaran dalam dunia pendidikan,  matematika adalah salah satunya.
     Pada hakekatnya matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang berpikir (nalar). Matematika lebih menekankan kegiatan dalam dunia rasio (penalaran)  bukan menekankan dari hasil eksperimen atau hasil observasi.  Matematika adalah ilmu yang terbentuk dari hasil hasil pemikiran manusia.
     Seringkali terdengar matematika itu pelajaran paling sulit,  matematika pelajaran yang membosankan, dab sebaginya. padahal sejatinya matematika adalah pelajaran yang memenyenangkan, karena matematika mengasah kemampuan berpikir logika dan ketangkasan otak dalam memecahkan sebuah persoalan dalam pelajaran.
     Bagi pelajar yang tidak mampu memahami sebuah pelajaran khususnya matematika, mereka akan menganggap pelajaran itu rumit dan membosankan. Lain halnya debgan pelajar hang mampu memahami pelajaran dengan baik,  mereka akan selalu merasa haus dan tak ingin beranjak ke mata pelajaran lain. Contohnya d SDN NEPA 2 Banyuates, Sampang, Madura.  Para siswa di SD ini menganggap matematika adalah pelajaran yang menyenangkan, matematika itu mudah.  Meski bisa dikatakan mereka lahir didaerah dengan kategori kurang pendidikan (lemahnya pendidikan modern) tetapi semangat belajar mereka tinggi. Dan juka dilihat dari sarana prasarana pembelajaran yang kurang efektif, bukan menjadi masalah bagi murid murid SD ini.  Karena bagi orangtua di daerah terbelakang yang terpenting adalah ilmu terapan yang benar benar dipakai untuk hidup dan bekerja. Tetapi bukan berarti masalah masalah tersebut menjadi pemicu rendahnya semangat belajar mereka.
     Seiapapun guru, apalagi guru matenatika pasti akan bertahan jika mengahar dengan semangat belajar anak didik yang tinggi.  Ketika diberikan latihan soal, merekan akan berebut menjawab dan meminta tambahan soal lain.  Dan mereka akan mengeluh ketika jam pelajaran matematika telah usai.  Ketika saya bertanya apakah matematika itu mudah?  Serempak mereka menjawab Ita dan serempak pula mereka meminta tambahan soal lain.
     Semangat dan usaha dari anaj anak Madyra kni patut kita akui jempol.  Sebagaimana mestinya didaerah luar Madura sepatutnya lebih terinspirasi memahami konsep bahwa matematika itu mudah dan matematika bukanlah momok pelajaran didunia pendidikan. Karena banyak cindekiawan mengatakan bahwa matematika adalah ratunya pendidikan.
     Jika semua

Komentar

Postingan Populer